Jumat, 18 November 2016

Fenomena air berkhasiat di Pemandian Patemon

Reporter : Kun Sila Ananda | Sabtu, 13 September 2014 00:10
Fenomena air berkhasiat di Pemandian Patemon
Sumber air Pemandian Patemon. ©2014 Merdeka.com/Dwi Andi Susanto
Cara Irit Pererat Pertemanan dengan Jalan-JalanMerdeka.com - Bagi kota yang memiliki suhu tinggi seperti Jember, kehadiran sumber air seperti Pemandian Patemon hampir menyerupai oase yang menyegarkan untuk masyarakat sekitar. Pemandian Patemon sendiri sudah sangat populer sebagai tempat wisata bagi masyarakat Jember dan Jawa Timur. Masyarakat seringkali datang untuk menyegarkan diri dengan mandi dan bermain di kolam renang yang ada di Pemandian Patemon.

Pemandian Patemon menawarkan banyak pesona bagi wisatawan. Pemandian ini memiliki wahana serta cerita sejarah yang sangat menarik untuk digali. Namun selain kedua hal tersebut, Pemandian Patemon juga menawarkan daya tarik lainnya, yaitu sumber airnya. Pemandian Patemon berasal dari sebuah mata air alami yang konon berasal dari tembusan mata air pegunungan Argopuro.

Mata air di Pemandian Patemon tak hanya terkenal jernih, melainkan juga diklaim bisa menyehatkan tubuh. Banyak wisatawan yang datang berkunjung hanya untuk mengambil air dari mata air Pemandian Patemon. Wisatawan yang tertarik dengan khasiat air Patemon pun tak terbatas pada masyarakat di Jawa Timur saja. Berdasarkan keterangan Kepala UPTD Wisata Patemon, bahkan orang dari Jawa Barat jauh-jauh datang hanya untuk merasakan khasiat dari sumber air di Patemon.

"Air di Patemon seringkali dicari untuk pengobatan alternatif," ungkap Dedi WInarno, kepala UPTD WIsata Patemon ketika ditemui merdeka.com, Minggu (07/09).

Berdasarkan keterangan Dedi, air di Patemon memiliki banyak khasiat antara lain menggelontor kolesterol dalam tubuh, membersihkan ginjal, dan paru-paru. Banyak orang yang datang ke Patemon untuk menyembuhkan penyakit mereka dengan meminum airnya. Mandi di Pemandian Patemon juga diklaim bisa membuat tubuh lebih bugar.

Lantas, apa yang membuat air di Pemandian Patemon berkhasiat? Menurut Dedi hal ini disebabkan oleh kadar TDS air Patemon yang rendah. TDS adalah singkatan dari Total Dissolved Solids, yaitu jumlah kandungan unsur padat atau mineral yang terlarut dalam air. Beberapa unsur padat yang seringkali terlarut dalam air antara lain adalah alumunium, besi, perak, seng, mangan, dan garam. Semakin tinggi tingkat TDS dalam air, maka air semakin tak layak minum.

Sumber mata air di Patemon diklaim memiliki tingkat TDS sekitar 24 sampai 28 ppm. Dengan kadar tersebut, kualitas air Patemon diketahui sangat baik untuk dikonsumsi, bahkan lebih baik dari kualitas air mineral kemasan yang memiliki tingkat TDS rata-rata 125 ppm.

Khasiat air di Pemandian Patemon tak hanya terhenti pada kualitasnya untuk mengobati penyakit, melainkan juga untuk menjaga kesehatan kulit. Air kolam renang di Pemandian Patemon berasal dari sumber air murni yang sedikit mengandung mineral dan tidak mengandung bahan kimia seperti kaporit. Orang yang berenang di pemandian ini akan merasa tubuhnya lebih bugar. Selain itu, setelah mandi di Patemon, Anda tak perlu membilas tubuh lagi, karena air tersebut tak mengandung bahan kimia apapun.

Selain khasiat airnya yang fenomenal, ada mitos menarik yang juga berkaitan dengan air di Pemandian Patemon. Kolam di Pemandian patemon seringkali didatangi oleh pasangan pengantin yang baru menikah dan masih memakai pakaian pengantin mereka. Mandi bersama sambil memakai baju pengantin di pemandian ini dipercaya bisa membuat rumah tangga menjadi langgeng.

Nah, ingin merasakan sendiri khasiat dari air Pemandian Patemon yang fenomenal ini? Datanglah ke Pemandian Patemon yang terletak di wilayah Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember, dan buktikan sendiri khasiatnya!

sumber :  http://www.topwisata.com/2016/10/pantai-patemon-kebumen-melukis-cahaya-di-jembatan-pelangi-watu-pawon.html

0 komentar:

Posting Komentar