CARA MEMBUAT CHARGER ACCU
by 15:20 , have 4
komentar
, at
Ada banyak model rangkaian charger, khususnya untuk accu motor dan
mobil, setiap model mempunyai alasan tersendiri dan punya argumen secara
ilmiah, oleh para pembuat circuit charger. model-model tipe rangkaian
charger bisa dilihat pada gambar seperti dibawah ini :
Trafo tipe step down
Prinsip-prinsip Dasar Cas Accu
Accu / Aki adalah sumber listrik DC maka untuk pengecasannya dibutuhkan
juga arus DC, arus DC charger harus lebih besar dari tegangan aki,
contoh tegangan aki mobil/motor 12,65 volt, maka tegangan charger
minimal 13,5 Volt maka arus listrik akan mengalir ke aki. Mencharge aki
bukanlah memasukan arus listrik kedalam pelat aki, tetapi hanya
membersihkan pelat aki dari sulfation dengan cara memasukan arus listrik
agar pelat aki bersih kembali.
( lihat Teori Dasar Aki)
( lihat Teori Dasar Aki)
Dari berbagai gambar diatas saya buat modifikasinya, diantaranya seperti
pada gambar dibawah ini. Charger ini saya gunakan untuk
merekondisi/servis aki yang sangat ampuh dan sudah diuji dalam
labotarium Mitra Battery solutions tiga hari tiga malam charger
dibiarkan untuk merekondisi aki "soak".
Penelitian saya terhadap trafo trafo yang beredar dan output tertulis
18, jika diukur dengan volt meter realnya hanya 15,5 s/d 16 volt,
banyak faktor penyebabnya trafo itu sendiri atau tegangan PLN turun
beberapa volt, menggunakan diode untuk merubah arus ac ke dc
mengakibatkan turun tegangan sebesar 0,7 volt jadi perhitungannya 16
volt dikurangi 0,7 volt = 15,3 volt sangat ideal untuk mengecas aki
dimana performa aki dalam keadan full 100% tegangan dapat mencapai 15,5
s/d 16 Volt. Sekarang anda dapat mencoba dan membadingkan
circuit-circuit yang ada di gambar berbagai situs selalu tertulis 12
volt.
Anggaran Buat Charger Tipe Trafo Nol : dan Trafo CT :
Trafo 5 amper murni Rp. 150.000,
Kabel untuk ke PLN Rp. 7.000,
Sekering Komplit Rp. 3.000,-
Saklar Rp. 3.000,
Diode Bridge 35 amp Rp. 15.000,- Rp.2.000,- diode 5 amp 2 buah
Ammeter 0-15 amp Rp. 40.000,-
Kabel 5 meter Rp. 15.000,-
Capit Buaya Rp. 5.000,-
Timah 3 Meter Rp. 6.000.-
Solder Rp. 25.000,-
Box/Rumah Charger Rp. 50.000,-
================================================
Jumlah Rp. 319.000,- Rp. 309.000,-
Keterangan :
untuk jenis trafo tipe CT yang beda anggaranya hanya jenis tipe diode,
untuk Tipe Ct menggunakan diode satuan tipe 6 amper ke atas dua buah
maksudnya biar lebih ekonomis, namun diode bridge pun dapat.digunakan.
Untuk box bisa aja digunakan box bekas computer, kaleng biskuit biat
lebih irit.
Langkah-langkah Membuat Charger Accu mobil dan motor
posisi trafo 5 amper murni tipe 0 terlihat pada gulungan sekunder output : 0-6-12-18-24-30-32-35 volt
gambar diatas adalah posisi trafo pada gulungan primer dimana tertulis di trafo 0-110-125-220-240 volt
karena di Indonesia tegangan umum yang dipasok PLN 220 volt maka kita
pilih tegangan 240 volt biar aman charger sesuai dengan kita yang
rencanakan antara 7 s/d 10 amp
Merakit charger bagian gulungan primer :
kabel untuk ke PLN ada dua buah satu kabel dihubungkan langsung ke trafo
tertulis 240 volt satu kabel lagi konek ke sekering, output sekering ke
konek ke trafo tertulis 0
Merakit bagian charger gulungan sekunder
Charger Accu motor dan mobil sudah selesai kapasitor bisa digunakan
bisa juga tidak, jika ingin menggunakan indikator amper meter kabel
positip dari diode dihubungkan ke lambang + amper meter selanjutnya
conektor amper meter symbol (-) dihubungkan ke aki positip untuk
pengecasan.
Keunggulan Charger ini:
sangat cocok mengecas aki motor dan mobil ukuran 32 s/d 120 amper, dapat mendeteksi aki baik dan buruk terdeteksi pada indikator amper meter, dapat digunakan untuk merekondisi aki kembali seperti baru, dapat mengecas untuk jangka waktu lama 48 jam pengecasan
sumber :
http://www.otomotifdanelektro.com/2014/12/cara-membuat-charger-accu.html
0 komentar:
Posting Komentar